International Cultural Immersion: Kerjasama antara Polkesma dengan St. Paul University Philippines

For me, I’m very much happy about the experience that we had. And the environment here, the people are very much heartwarming and very accommodating. Polkesma is the best campus in Indonesia"

 - Testimoni Mahasiswa Keperawatan St. Paul Univesity Philippines- 

-----------------------------------------------------------------------------------------------------------

Budaya Indonesia secara luas tidak hanya dipelajari dari sisi kehidupan sosial maupun kesenian, tetapi juga dapat dipelajari dari sisi kesehatan. Politeknik Kesehatan Kemenkes Malang berkesempatan menerima mahasiswa Keperawatan St. Paul University Philippines untuk mempelajari dan memahami budaya perawatan di Indonesia khususnya Kota Malang.

Kegiatan “International Cultural Immersion” yang dimulai tanggal 17 hingga 26 Januari 2019 diikuti oleh 16 mahasiswa dan 2 Instruktur Klinik St. Paul University Philippines. Dalam kegiatan ini mahasiswa St. Paul University dikenalkan mengenai perawatan di Kota Malang khususnya dalam perawatan pasien dengan masalah kesehatan jiwa, masalah keperawatan bedah medis dan praktik keperawatan kesehatan masyarakat serta perawatan kesehatan secara global.

Tidak hanya melakukan praktik lapangan ke rumah sakit pemerintah maupun swasta serta puskesmas di Malang, mahasiswa St. Paul University Philippines juga dikenalkan budaya Indonesia dengan mengunjungi museum budaya dan berinteraksi langsung dengan masyarakat Malang. Selain itu Poltekkes Kemenkes Malang melalui Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) mengadakan pertunjukkan budaya yang sekaligus menjadi penutup kegiatan “International Cultural Immersion” pada Kamis (24/1) kemarin. 

Salah satu rangkaian kegiatan “International Cultural Immersion” yaitu kuliah tamu dengan pembicara Instruktur Klinik St. Paul University Philippines, Lilian P. Gonao, MSN. Dengan tema “How to manage psychological problem in pre operative nursing”, mahasiswa Keperawatan Poltekkes Kemenkes Malang dapat berdiskusi langsung dan mempelajari pengelolaan masalah psikologis pasca operasi secara lebih global.

Dalam sambutannya pada pembukaan kegiatan “International Cultural Immersion” di Gedung Auditorium, Ketua Jurusan Keperawatan, Imam Subekti berharap kegiatan ini mampu memberikan dampak positif bagi mahasiswa Keperawatan Poltekkes Kemenkes Malang maupun St. Paul University Philippines. Mahasiswa dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam pelayanan kesehatan khususnya keperawatan dari dua budaya yang berbeda.    

Berita ini disiarkan oleh Bagian Humas, Urusan Kesekretariatan, Poltekkes Kemenkes Malang. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi melalui alamat email humas.polkesma@gmail.com