2016-05-31 11:51:54 3447

Come and join us!!! Talkshow Gizi 2016 The Power of Golden Age with Fish (Gizi 1000 Hari Pertama)

Come and join us!!! Talkshow Gizi 2016

“The Power of Golden Age with Fish (Gizi 1000 Hari Pertama Kehidupan)”.

By Jurusan Gizi Poltekkes Kemenkes Malang

Pada bulan Juni ini, Jurusan Gizi Poltekkes Kemenkes Malang akan menyelenggarakan nutrifair. Nutrifair sendiri merupakan sebuah kegiatan pameran yang berhubungan dengan kesehatan khususnya pada bidang ilmu gizi. Nutrifair bertujuan memberikan informasi dan edukasi kepada masyarakat mengenai Gizi 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) guna mencapai taraf hidup sehat saat periode emas dan generasi yang lebih baik di masa depan melalui makanan. Salah satu sumber bahan makanan yang berpengaruh terhadap 1000 Hari Pertama Kehidupan adalah ikan. Dalam hal ini penting bagi kami untuk mengadakan Nutrifair karena, dapat dikatakan bahwa Nutrifair akan membawa manfaat yang besar bagi masyarakat. Nutrifair 2016 mengangkat tema yaitu “The Power of Golden Age with Fish (Gizi 1000 Hari Pertama Kehidupan)”.

Gizi 1000 Hari Pertama Kehidupan yaitu 270 hari selama masa di dalam kandungan dan 730 hari selama masa 2 tahun pertama pasca lahir. Salah satu yang membuat Gizi 1000 Hari Pertama Kehidupan menjadi perhatian dan sangat penting karena masa tersebut merupakan masa pertumbuhan dan perkembangan seluruh sistem dan organ tubuh bayi terutama otak.

Gizi 1000 Hari Pertama Kehidupan saat bayi masih dalam kandungan harus dipenuhi oleh ibunya. Karena konsumsi yang baik saat hamil akan berpengaruh baik pula  untuk janin dalam kandungan. Kebutuhan energi dan zat-zat gizi ibu hamil akan bertambah sesuai dengan meningkatnya trimester kehamilan. Zat-zat gizi yang mempengaruhi Gizi 1000 Hari Pertama Kehidupan yaitu, protein, zat besi (Fe), asam folat (vitamin B9), vitamin B12, vitamin A, vitamin C, vitamin D, kalsium, dan yodium. Sedangkan gizi masa 1000 Hari Pertama Kehidupan untuk bayi yang baru lahir adalah ASI  eksklusif untuk  usia 0-6 bulan (termasuk ASI kolostrum, yaitu ASI yang keluar di hari-hari pertama setelah melahirkan) dan Makanan Pendamping ASI (MP-ASI) untuk usia 6-24 bulan. Dalam makanan pendamping ASI khususnya ikan terdapat berbagai kandungan gizi, antara lain albumin, asam amino, omega-3, vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin D, zat besi (Fe), selenium, seng, fluor, dan yodium.

Anak yang gizinya terpenuhi pada masa 1000 Hari Pertama Kehidupan,  kelak anak tersebut akan cerdas dan memiliki produktivitas yang tinggi. Selain itu, dengan terpenuhinya kebutuhan gizi anak, maka kemungkinan terkena penyakit saat dewasa dapat diminimalkan. 

Tidak hanya pemenuhan gizi saat hamil, seorang wanita juga harus memperhatikan pemenuhan gizinya sebelum hamil. Hal ini penting karena saat seorang wanita berada pada usia subur (WUS)  kebutuhan gizinya harus terpenuhi agar nantinya melahirkan anak yang mampu bersaing. Salah satu hal yang membuat gizi wanita usia subur harus terpenuhi adalah dengan memperhatikan lingkar lengan atas (LILA), yaitu tidak boleh kurang dari 23,5 cm. Jika LILA wanita usia subur tersebut kurang dari cut of point, maka wanita tersebut masuk dalam kategori Kurang Energi Kronik (KEK).

Membudayakan mengonsumsi ikan sejak dini dapat meminimalkan angka kejadian stunting, karena adanya kandungan yodium dalam ikan. Selain itu, kebiasaan mengonsumsi ikan tersebut jika terus berlanjut, maka akan berpengaruh positif untuk kecerdasan otak dan memberikan hasil yang optimal saat usia produktif.

Oleh karena itu, dalam serangkaian acara Nutrifair perlu diselenggarakan kegiatan pendukung yang bermanfaat yaitu talkshow  dengan pakar ahli dibidangnya untuk menambah pengetahuan bagaimana cara mengetahui pentingnya gizi dari seribu hari pertama kehidupan  dan peranan ikan pada masa tersebut.

Kami Mahasiswa Jurusan Gizi Politeknik Kesehatan Kemenkes Malang menyelenggarakan Talkshow dengan mengangkat tema “The Power of Golden Age with Fish (Gizi 1000 Hari Pertama Kehidupan)”.dengan pemateri dari Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur,  serta pemateri kedua yaitu Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Jawa Timur, dan pemateri ketiga dari Poltekkes Kemenkes Malang. Acara  ini akan dikemas dalam talkshow  dan sesi Tanya jawab,  talkshow ini akan diselenggarakan pada:

Hari/Tanggal   : Sabtu, 04 Juni 2016

Tempat            : Hall AE Matos

Waktu                         :11.30-selesai

Mari ikuti talkshow “The Power of Golden Age with Fish (Gizi 1000 Hari Pertama Kehidupan)” sesegara mungkin dengan menghubungi contact person via SMS/WA 089676858946 (Dilla Ayu P) dengan biaya registrasi Rp.100.000,00.

Fasilitas yang diperoleh:

·         Sertifikat 2 SKP PERSAGI

·         Talkshow Kit (include produk pameran)

·         Snack

Biaya registrasi dapat dilakukan dengan:

·         Dapat langsung datang ke kampus Poltekkes Kemenkes Malang, Jl. Ijen 77c

·         Via transfer ke nomer rekening BRI Syariah 35111116502950003 a.n Lailatul Qomariyah Elok.

Kami tunggu kehadiran anda dalam acara kami, jumlah tiket terbatas. Ayo segera daftarkan diri anda!!!